TIADA KATA TUA UNTUK BELAJAR DAN BERUSAHA,,, YA-HAAAAAAAAAAA,,,,,

Selasa, 18 Juni 2013

SMS Gateway Dengan Gammu Part 2



Assalamualaikum Wr. Wb,,,,
Meneruskan postingan saya kemaren, yang ini juga tetap sama tanpa SEO jadi kata-katanya langsung ke topik. Di part 2 ini kita akan berbicara tentang mengirim sms menggunakan gammu namun menggunakan database sebagai media penyimpanannya.
Hal yang harus kita persiapkan terlebih dahulu adalah sebagai berikut :
1.       Kopi+ro*ok (bagi yang pe-ro*ok).
2.       Laptop atau Komputer.
3.       HP atau Modem
4.       Library Gammu (yang saya gunakan adalah Gammu 1.33.0) bisa anda cari di Mbah aja. (usaha dikit donk,, :-P).
5.       MYSQL (bisa menggunakan xammp)
6.       Kemauan belajar juga pastinya,,, :P
OK kita langsung ke topik pembicaraan kita.
Pertama-tama hal yang harus kita lakukan adalah melengkapi persediaan yang sudah ada di atas tersebut. Jika sudah mengikuti postingan saya yang sebelumnya berarti sudah ok tu persiapan :-P
1.       Pertama-tama kita buat dulu data base yang akan kita gunakan sebagai data base kita nantinya. Disini saya menggunakan mysql sebagai data base nya.
2.       Buat data base beri nama “sms” dan kemudian anda import file yang terdapat di ...\Gammu-1.33.0-Windows\share\doc\gammu\examples\sql. Cari sndiri ya, di situ ada 3 file, pilih mysql.sql. (usaha dikit dong)
3.       Setelah itu anda copykan file smsdrc yang ada di direktori ...\Gammu-1.33.0-Windows\share\doc\gammu\examples\config. Kemudian anda simpan di directori ...\Gammu-1.33.0-Windows\bin. Dan anda edit seperti gambar di bawah ini. (untuk direktori anda cri sndiri ya, usaha lagi :-P).

4.       Langkah selanjutnya kita membuat service gammu kita. Yaitu dengan cara memasukkan perintah “gammu-smsd –c FILE_CONFIGURASI –i –n NAMA_SERVICE”. Sabagai contoh seperti ini “gammu-smsd –c smsdrc –i –n ServiceGammuSaya”. Perintah ini anda ketikkan di Command Prompt anda.
5.       Jika sudah melakukan seting gonfigurasi Service langkah selanjutnya kita cek apakah Service yang kita buat sudah berjalan dengan benar. Caranya kita gunakan fungsi dari Windows Task Manager. Dan kita cek pada bagian Service.

6.       Jika terjadi error pada saat service maka pada konfigurasinya ada yang salah. Di teliti lagi ya,, (usaha lagi ya).
7.       Setelah selesai maka gammu siap digunakan.
8.       Untuk mengirim pesan kodenya ada di part 1 ya. (jangan bilang sudah lupa).
Sekian dulu ya postingan saya kali ini. Untuk postingan selanjudnya saya akan membahas sms gateway dengan gammu dan java. Jangan sampai ketinggalan low,, :-D
Wassalamualaikum Wr. Wb,,,

Sedikit banyak mengutip disini

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagi ilmu peliitttttttttttttttttttt, emang ilmu punya lo? Pake bi block gak bisa di print segala....

ucup mengatakan...

emang nih .. ngapain pake di lock klik kanan segala .. kesini aja http://www.ilmuprogrammer.com/2013/06/tutorial-sms-gateway-konfigurasi-gammu.html disini yg punya beneran pelit .. bah ..atau ke sini http://goloh.blogspot.com/2013/07/membuat-sms-gateway-menggunakan-gammu.html

Posting Komentar