TIADA KATA TUA UNTUK BELAJAR DAN BERUSAHA,,, YA-HAAAAAAAAAAA,,,,,

Kamis, 13 Juni 2013

SMS Gateway Dengan Gammu Part 1



Assalamualaikum Wr. Wb,,,,
Udah lama sekali ya tidak posting di blog gratis ini,,, maklum lagi mengejar real life hehehe,,:-)
Ok sobat, saya rasa postingan saya ini sudah basi, namun tak apa lah, untuk mengingat-ngingat lagi apa yg sudah di plajari.
Mungkin banyakorang yang susah memahami tutor-tutor yang sudah ada sebelumnya, dikarenakan banyak menggunakan SEO sehingga bahasanya bercampuran dan banyak di ulang-ulang. Nah kali ini postingan saya kusus tidak menggu nakan SEO. Karena postingan ini di kususkan untuk teman-teman saya yang lagi mau belajar. Wah kayaknya kebanyakan ngomong gak enak juga ya,, :-P
Langsung aja,
Sebelum kita masuk pada topik pembahasan, adakalanya menyiapkan ammunisi sebelum ber-perang (seperti tentara kemerdekaan aja,, J). Hal yang harus kita sediakan dahulu adalah sebagai berikut.
1.       Kopi+ro*ok (bagi yang pe-ro*ok).
2.       Laptop atau Komputer.
3.       HP atau Modem
4.       Library Gammu (yang saya gunakan adalah Gammu 1.33.0) bisa anda cari di Mbah aja. (usaha dikit donk,, :-P).
5.       Kemauan belajar aja,,, :-P


Ok kita masuk ketopik pembicaraan kita.
Pertama tama hala yg hasur kita lakukan adalah melengkapi persediaan yang sudah saya sebut di atas tadi. Setelah selesai maka kita masuk pada pembahasan
Instal dulu gammu yang sudah anda download dan pastikan penginstalannya sudah benar. Berikut cara menginstal gammu dengan benar. (Menurut yang telah saya lakukan dan berhasil).
1.       Jalankan instaler gammu yang sudah anda download. (Gammu-1.33.0-Windows.exe file instaler yang saya download). Dan tinggal next-next aja.

2.       Setelah muncul pilihan seperti di bawah ini, anda pilih saja Add Gammu to the system PATH for all users. Tujuannya adalah agar bisa di jalankan di semua users di laptop atau komputer anda.
  3.       Setelah itu tentukan lokasi penginstalan Gammu anda. Untuk lokasi default-nya biasanya adalah di sini : C:\Program Files\Gammu 1.33.0 untuk pengguna Windows 7 dan Versi Gammu adalah versi 1.33.0.

4.       Setelah itu next-next saja sampai selesai. Nah penginstalannya sudah selesai.
Setelah proses instalasi selesai, maka kita perlu melakukan configurasi untuk menentukan port dan nomer yang akan di gunakan sebagai penerima dan pengiriman pesan. Berikut langkah-langkahnya.
  • 1.       Menentukan letak port yang di gunakan modem atau HP yang terpasang di komputer anda. Caranya anda masuk Control Panel dan kemudian anda masuk ke Device Manager. Dan pilih pada root file modem.

  • 2.       Klick dua kali sehingga muncul tampilan di bawah ini.

  • 3.       Setelah itu anda copy-kan file gammurc yang ada di C:\Program Files\Gammu-1.33.0-Windows\share\doc\gammu\examples\config dan ada copy-kan pada directori berikut C:\Program Files\Gammu 1.33.0\bin
  • 4.       Setelah itu buka file gammurc kemudian ada atus seperti tampilan berikut.

  • 5.       Pengaturan di atas dengan cara edit file gammurc. Dalam pengeditan saya menggunakan notepad++. Untuk port sesuaikan dengan punya anda sendiri.
  • 6.       Kemudian kita cek apakah gammu sudah terinstal dengan baik dan terkoneksi dengan modem kita. Dangan cara menggunakan Command prompt dan cek dengan perintah “gammu –identify”

  • 7.       Jika berhasil akan tampil seperti gambar di atas. Namun jika tampil seperti gambar di bawah ini, maka instalasi gammu anda bermasalah.

  • 8.       Tidak perlu anda menginstal ulang gammu, karena hasilnya akan tetap sama saja. Hal yang harus ada lakukan adalah mendownload file libiconv-2.dll. Karena file itu lah yang menyebabkan gammu anda bermasalah. Setelah itu ada copy-kan file tersebut pada directori bin
  • 9.       Setelah itu anda ulangi cek gammu tersebut. Jika berhasil maka gammu anda sudah bisa di gunakan.

Setelah proses instalasi dan configurasi selesai, sekarang sudah waktunya kita menuju pengiriman pesan. Dalam pengiriman pesan kita menggunakan perintah-perintah yang di pahami oleh gammu. Perintah tersebut kita lakukan di Command Prompt dan akan di eksekusi langsung pada gammu. Beerikut tata caranya.
Cara pertama :
Menggunakan perintah di bawah ini.

Pada cara pertama, pesan yang terkirim tidak tersimpan di data base.
Cara kedua :
Menggunakan perintah di bawah ini :

Pada cara ke dua, pesan yang terkirim akan tersimpan di data base yang telah kita sediakan. Untuk file konfigurasi dan data base yang digunakan pada perintah kedua ini akan saya bahas pada SMS Gateway Dengan Gammu Part 2. Di mohon bersabar ya. Soalnya capek masi yang mau ngetik. Untuk teman-teman yang mau belajar langsung, monggo kita belajar bersama. Tapi bawa cemilan ya biar seru,,, :-D (ngarep)

jika ada kesalahan saya mohon maaf, karena saya masih dalam proses belajar juga. :-)

Sekian dulu ya,,,,

Wassalamualaikum Wr. Wb,,,

sedikit banyak ngutip disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar